blog-post-image
Special Hari Ibu Nasional: LKC Dompet Dhuafa Gencarkan Edukasi dan Pemeriksaan Kanker Sejak Dini di Sulsel

LKCDOMPETDHUAFA.ORG, SULAWESI SELATAN Untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan bagi perempuan dan mengurangi tingkat kejadian kanker, Layanan Kesehatan Cuma-Cuma ( LKC) Dompet Dhuafa Sulawesi Selatan mengadakan edukasi dan pemeriksaan kanker serviks serta kanker payudara dalam rangka Hari Ibu Nasional. Kegiatan ini berlangsung di Kawasan Sehat Desa Bungaejaya, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, pada Kamis (14/12).

Warga sangat antusias mengikuti kegiatan hari ini, terlihat dari jumlah kehadirannya yang melebihi target yang sudah ditentukan. Sebanyak 64 peserta mengikuti edukasi yang diberikan oleh LKC Dompet Dhuafa Sulsel dan 50 peserta ikut dalam pemeriksaan IVA Test (
Inspeksi Visual Asam Asetat) dan Sadanis (Pemeriksaan Payudara Klinis).

“Alhamdulillah dengan adanya acara ini dapat membantu puskesmas untuk terus melakukan deteksi dini risiko kanker di wilayah kerja kami. Harapannya kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan bahkan di kebutuhan ke desa-desa lain,” tutur Norma, Amd. keb,. sebagai Penanggung Jawab Kesehatan Reproduksi Puskesmas Kampili.

Kanker serviks dan kanker payudara merupakan penyakit kanker yang banyak menyerang para ibu, serta tingkat kejadiannya yang tinggi. Para ibu merasakan sakit apabila kondisinya sudah parah, sehingga luput untuk melakukan pencegahan dan mendeteksi sejak dini risiko yang terjadi.



Dengan adanya edukasi ini, selain untuk meningkatkan pengetahuan yang diharapkan para ibu dapat melakukan deteksi secara dini.
Deteksi dini yang mudah untuk pencegahan kanker payudara adalah melalui SADARI (Periksa Payudara Sendiri) dan untuk deteksi kanker serviks dapat dilakukan dengan IVA Test.

Besar harapan kami melalui peringatan hari ibu, menjadi ajakan bagi warga Desa Bungaejaya untuk tak segan memeriksa kesehatan termasuk deteksi dini kanker Serviks dan kanker Payudara yang masih menempati urutan tertinggi di Indonesia. Dengan deteksi dini pasti penanganannya cepat bisa dilakukan, serta bisa mempercepat penyembuhan. Pemberian paket nutrisi juga tidak hanya menjadi penarik namun sebagai edukasi sumber nutrisi pencegahan kanker,” jelas Nurfinah selaku Penanggung Jawab Kawasan Sehat Bungaejaya LKC Dompet Dhuafa Sulsel.


Oleh Amira N (Editor: Budi S) - 19 Des 2023 - 00:00:00