blog-post-image
Pos Sehat Paropo LKC Dompet Dhuafa Gelar Edukasi Diabetes pada Puluhan Warga

LKCDOMPETDHUAFA.ORG, SULAWESI SELATAN – Melalui Pos Sehat Paropo, Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa Sulawesi Selatan gelar edukasi kelas PTM (Penyakit Tidak Menular) untuk memberikan pemahaman tentang pencegahan diabetes di Desa Paropo, Makassar, Sulawesi Selatan, pada Selasa (19/12).

Yulianingsih, salah satu warga mengungkapkan, “Saya senang bisa konsultasi langsung ke dokter mengenai beberapa gejala yang saya alami. Biasanya saya hanya diberikan penyuluhan tanpa konsultasi secara langsung. Padahal mungkin saja gejala yang saya alami belum tentu disebabkan oleh diabetes, mungkin saja faktor lain. Harapannya kegiatan seperti ini terus berlanjut di RW kami ini”.



Sebanyak 60 peserta mengikuti kegiatan edukasi.
Selain itu juga disediakan pemeriksaan kesehatan gratis serta pengenalan tanda-tanda DM (Diabetes Melitus). Dengan adanya materi yang disampaikan oleh dr. Nurhatimah Fratiwi, S.Ked., selaku konsultan kesehatan, diharapkan kegiatan ini tidak hanya sekedar menyampaikan informasi, tetapi juga memberikan akses kepada masyarakat untuk peduli terhadap kesehatan.

“Di zaman modern seperti saat ini, dimana berbagai jenis menu makanan mengandung kadar gula tinggi dan jarang aktivitas fisik olahraga menyebabkan peningkatan angka penderita diabetes. Dan penderita diabetes harus waspada karena diabetes pun bisa menimbulkan komplikasi beberapa penyakit, antara lain jantung koroner, stroke, ginjal dan infeksi kulit,” jelas Nurhatimah.

Imran, Penanggung Jawab Pos Sehat Paropo LKC Dompet Dhuafa Sulsel mengatakan, “tiap bulan LKC Dompet Dhuafa Sulsel rutin melakukan kelas PTM yang melibatkan warga Paropo RW 04 baik penderita PTM maupun mereka yang memiliki faktor risiko”. 

“Harapannya melalui edukasi dan konsultasi ini, kesadaran warga mengenai tanda gejala, hingga komplikasi diabetes melitus semakin dipahami dan mendorong masyarakat kita menjaga pola makan yang sehat. Tak hanya itu kami juga mendukung aktivitas fisik para warga dengan mengadakan senam sehat ceria yang rutin kami lakukan setiap sore setelah kelas PTM ini,” tambah Imran.


Oleh Amira N (Editor: Budi S) - 20 Des 2023 - 00:00:00