blog-post-image
LKC DD Jateng dan Baznas Banyumas Rapat Koordinasi Siaga Ambulans Indonesia

ZNEWS.ID BANYUMAS – Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa Jateng mengadakan Rapat Koordinasi Siaga Ambulans Indonesia (Si Bulan) bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Banyumas, Kamis (6/7/2023).
 
Rapat dilaksanakan di Kantor Baznas Kabupaten Banyumas dengan agenda penguatan potensi jejaring ambulans di Banyumas Raya dan Jawa Tengah.
 
Hadir dalam pertemuan, Kepala LKC Dompet Dhuafa Jateng, Sekretariat Baznas, serta perwakilan dari Siaga Ambulans Indonesia.
 
Sejak 2016, Kepala LKC Dompet Dhuafa Jateng, Titi Ngudiati, menjadi salah satu inisitor terbentuknya Perkumpulan Jejaring Siaga Ambulan Indonesia.
 
 
Sampai 2023, sudah tergabung mitra jejaring di 7 provinsi dengan 348 unit ambulans dan layanan jenazah, 11 rumah singgah pasien, serta 4 bengkel dan sparepart. Dukungan kemitraan dari 7 provinsi ini berasal dari beberapa kepala daerah, pengusaha, dan komunitas.
 
Agenda dengan Baznas di antaranya memetakan potensi jaringan ambulans Baznas di kabupaten/kota di Jawa Tengah sebelum membawa agenda ini menjadi agenda nasional ke Baznas RI. Dengan potensi jaringan ambulans OPZ (Organisasi Pengelola Zakat), baik BAZ maupun LAZ, serta layanan pasien antarwilayah.
 
Saat ini, model kerja sama yang sudah diinisiasi adalah melalui estafet, dukungan sharing operasional. Melalui pertemuan ini, diharapkan terpetakan masalah pasien rujukan luar kota, menyamakan prosedur layanan, dan dukungan sharing operasional bagi ambulan komunitas, serta memetakan sumber daya masing-masing lembaga. (DD Jateng)
 

Oleh Kontributor-Mutia - 20 Jul 2023 - 14:07:00