blog-post-image

JAMINAN SEHAT BERJUTA MANFAAT


Kesehatan menjadi hal yang terpenting bagi kehidupan manusia, sehingga banyak yang melakukan berbagai cara untuk tetap hidup sehat. Cara yang dilakukan bisa dimulai dari menerapkan pola hidup bersih dan sehat serta mendaftarkan diri pada jaminan kesehatan, baik jaminan kesehatan swasta ataupun jaminan kesehatan yang sudah difasilitasi oleh pemerintah, seperti BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sehat) yang dibagi menjadi kategori PBI (Penerima Bantuan Iuran) dan Non-PBI. Tapi pada kasusnya di lapangan, masih banyak masyarakat yang belum terdaftar menjadi peserta BPJS, termasuk masyarakat dhuafa (orang yang tidak mampu).

Dari data member LKC Dompet Dhuafa (peserta yang telah terverifikasi kedhuafaannya dengan menggunakan teknik tertentu dalam melakukan pengamatan secara fisik dan langsung), total 51% atau 15,270 jiwa belum mendapatkan jaminan BPJS PBI. Selain belum terdaftar, banyak kasus lain yang berhubungan dengan jaminan kesehatan BPJS, seperti proses bayar yang tertunggak dan tidak memiliki upaya untuk membayar. Selain itu masih banyak masyarakat yang belum mengerti untuk mengurus segala hal yang kaitannya dengan jaminan kesehatan BPJS.

Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa sebagai lembaga filantropi kesehatan dan bergerak pada tiga pilar, pilar pembelaan, pemberdayaan dan pelayanan berupaya hadir bersama dengan masyarakat untuk dapat memberikan advokasi jaminan kesehatan melalui program Advokasi dan Jaminan Kesehatan. Lewat program tersebut, LKC Dompet Dhuafa menyediakan akses kepada masyarakat untuk mengurus jaminan kesehatannya dengan alur yang sudah disediakan.

Pembiayaan BPJS yang tak terbayar oleh masyarakat miskin atau dhuafa (orang tidak mampu) menjadi masalah yang kerap ditemui. Dengan simulasi pembiayaan yang telah dikaji, nominal pembayaran yang dibebankan ke masyarakat menjadi sulit dan akhirnya tidak dapat terbayarkan. Layanan Kesehatan Cuma-Cuma Dompet Dhuafa melalui tim Advokasi Jaminan Kesehatan menjadi jembatan untuk membuka harapan bagi masyarakat agar bisa mendapatkan jaminan kesehatan guna melakukan pengobatan. Melalui kolaborasi Jaminan Sehat Berjuta Manfaat, LKC Dompet Dhuafa mengajak semua pihak untuk bisa bergerak bersama-sama membantu masyarakat untuk bisa mendapatkan jaminan kesehatan.


Oleh Komunikasi Program - 1 Mar 2024 - 17:25:44


Besar File (1910 KB)

Download File