blog-post-image
Waspada Gempa Megathrust, YRST Dompet Dhuafa Gelar Diskusi Mendalam bersama BRIN

LKC.DOMPETDHUAFA.ORG, Parung - Akhir-akhir ini Indonesia diramaikan dengan informasi mengenai gempa megathrust, hal itu disinyalir memiliki potensi kekuatan yang sangat besar sehingga akan mempengaruhi kehidupan dan termasuk situasi kesehatan di Indonesia, khususnya kaum dhuafa.



Dalam upaya meningkatkan kesadaran dan pengetahuan akan hal tersebut, Yayasan Rumah Sehat Terpadu (YRST) Dompet Dhuafa berkolaborasi dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menggelar sharing session yang bertajuk “Kajian Ilmiah Mengenai Adanya Potensi Gempa Bumi Megathrust Dan Tsunami Serta Kaitannya Dengan Ayat-Ayat Tentang Bumi Dalam Al-Qur’an”, kegiatan ini berlangsung di Gedung Qatar Charity, Rumah Sakit Rumah Sehat Terpadu, Parung, Bogor, Rabu 4 September 2024.



Hadir pada kesempatan kali ini Ismail A Said, Ketua Dewan Pengurus YRST Dompet Dhuafa, DR. Ir. Yusuf Surachman Djadjadihardja M.Sc, Perekayasa Ahli Utama Bidang Geologi Kelautan BRIN yang bertindak juga sebagai pembicara dan Iwan Ridwan, Sekertaris YRST Dompet Dhuafa yang sekaligus memoderatori diskusi.

“Saya berharap pada pelatihan hari ini akan ada diskusi yang mendalam dari semua peserta, agar nanti jika terjadi megathrust ini bersama disaster management center, respon darurat kesehatan, dan para medis sudah tahu apa yang akan kita lakukan untuk dapat melakukan penyelamatan,” tutur Ismail dalam sambutannya.



Para peserta terlihat antusias memperhatikan pemaparan demi pemaparan yang disampaikan oleh Yusuf, antusias itu semakin terasa ketika dibukanya sesi diskusi, banyak dari para peserta yang ingin memperdalam informasi melalui pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.

“Sharing knowledge ini berupaya meningkatkan pengetahuan dan upaya mitigasi kebencanaan dari sisi Kesehatan, sekaligus sebagai pengingat kepada seluruh peserta mengenai tanda-tanda kebesaran Allah Subhanahu Wa Ta'Ala,” jelas Iwan melalui pesan yang diberikan.

Oleh Budi S - 6 Sep 2024 - 00:00:00