blog-post-image
Turunkan Angka Kasus AIDS, LKC Dompet Dhuafa Gandeng KPA Cilacap Beri Edukasi Kepada Ratusan Pelajar di Cilacap

LKCDOMPETDHUAFA.ORG, JAWA TENGAH – Upaya menurunkan kasus HIV dan AIDS, LKC Dompet Dhuafa gandeng Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Cilacap untuk mengadakan sosialisasi Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) serta Aksi Layan Sehat (ALS) di Pondok Pesantren Al Fatah Maos Desa Maos Lor, Cilacap, Jawa Tengah, pada Kamis (7/12).

KPA Kabupaten Cilacap, Rubino Sriadji, S.Psi.Msi., mengatakan, ia sangat senang atas kolaborasi ini dan mendukung penuh keterlibatan LKC Dompet Dhuafa dalam kampanye bahaya HIV dan AIDS pada remaja. 


Ratusan peserta berbondong-bondong menghadiri kegiatan ini, dintaranya112 santri putra, 199 santri putri serta 9 warga di sekitar pondok pesantren.

Semua peserta ini mengikuti sejumlah kegiatan, seperti sosialisasi HIV dan AIDS oleh KPA, sosialisasi penanganan bantuan hidup dasar (resusitasi jantung paru atau henti nafas), pemeriksaan kesehatan (pemeriksaan berat badan, tekanan darah, pemeriksaan hemoglobin) serta pengobatan bagi santri yang mempunyai keluhan penyakit.


H. Arif Hisbulloh, Pimpinan Pondok Pesantren Al Fatah Maos Cilacap mengatakan, “saya sangat berterima kasih dengan adanya kegiatan ini, karena kesehatan para santri jadi terpantau secara berkala.
Harapannya kegiatan ini tidak sampai disini saja, semoga kedepannya bisa terus terjalin kerjasama. Dan juga terlihat santri sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini”.



Pada kegiatan pemeriksaan kesehatan, ditemukan beberapa santri putri mengalami anemia ringan
, sebagai langkah awal dari temuan tersebut, tim LKC Dompet Dhuafa Jateng memberikan suplemen zat besi.

“LKC Dompet Dhuafa Jateng berkomitmen sinergi dengan berbagai pihak dan pemangku kepentingan untuk bersama-sama terlibat dalam isu HIV dan AIDS terutama menyebarkan informasi pencegahan,” ungkap Titi Ngudiati selaku Kepala LKC Dompet Dhuafa Jawa Tengah.


Oleh Amira N (Editor: Budi S) - 8 Des 2023 - 00:00:00