blog-post-image
Semarakkan Hari Ibu Nasional, LKC Dompet Dhuafa Gandeng Mitra Kesehatan Lokal dalam Pencegahan Kanker

LKCDOMPETDHUAFA.ORG, NTB – Dalam rangka menyemarakkan Hari Ibu Nasional bertemakan Perempuan Berdaya Indonesia Maju, Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa Nusa Tenggara Barat bersama Puskesmas Pelangan Lombok Barat dan Bidan Desa menggelar edukasi kanker serviks dan kanker payudara yang dilaksanakan di Kawasan Sehat Gili Gede Indah Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, pada Senin (18/12).

Ridhoatul Istiharah, Penanggung Jawab Kawasan Sehat LKC Dompet Dhuafa NTB mengatakan, “tujuan dilaksanakan kegiatan ini untuk memberikan edukasi, pengetahuan baru terkait SADANIS (Periksa Payudara Sendiri) dan pengetahuan tentang kanker serviks serta pemeriksaan IVA Test ( Inspeksi Visual Asetat)".

Pada kegiatan tersebut, perwakilan dari tim kesehatan Puskesmas Pelangan memberikan informasi terkait risiko, gejala serta langkah-langkah pencegahan kanker kepada ibu-ibu. Selain edukasi, bidan Puskesmas Pelangan melakukan pemeriksaan Sadanis (Pemeriksaan Payudara Klinis) dan Tes IVA ( Inspeksi Visual Asetat). Hal ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman para ibu dan menjadi langkah awal para ibu serta wanita usia subur di Kawasan Sehat untuk melakukan pemeriksaan IVA yang bisa mendeteksi kanker serviks.

“Melalui kegiatan ini diharapkan para Ibu sebagai tiang bangsa dalam mendidik anak dapat lebih memperhatikan dan juga menyadari hal-hal yang kemudian menjadi permulaan terjadinya penyakit, sehingga bisa memeriksa kesehatan sedini mungkin terutama kanker payudara dan kanker seviks paling banyak menyebabkan kematian pada perempuan,” ucap Ridhoatul.


Oleh Amira N (Editor: Budi S) - 22 Des 2023 - 00:00:00