blog-post-image
Sambut Hari Kesehatan Nasional, LKC Dompet Dhuafa Banten Gelar Aksi Layanan Pos Sehat

lkcdompetdhuafa.org, Banten – LKC Dompet Dhuafa Wilayah Banten menggelar Aksi Layanan Sehat (ALS) di Pos Sehat Cisauk dalam rangka menyambut Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 di Cisauk pada Rabu (8/11).



Adapun aksi layanan sehat yang berlangsung meliputi intervensi dan skrining Penyakit Tidak Menular (PTM), senam sehat, penyuluhan serta pengobatan kesehatan.

“Kesehatan adalah hal yang paling penting dan mungkin kita sendiri tidak bisa menyadarinya sampai kesehatan itu hilang begitu saja atau justru kita menyadari ketika sudah sakit. Marilah kita merawatnya dengan baik kesehatan dengan beraktivitas senam, olahraga teratur, dan konsumsi makanan bergizi seimbang. Agar senantiasa kita menjadi sehat sepanjang usia kita”, jelas Endang Purnamasari selaku Penanggung Jawab Program Pos Sehat LKC DD Banten melalui pesan singkat.

Terdapat 5 titik pos sehat yang tersebar di wilayah Banten yakni Pos Sehat Cisauk, Pos Sehat Relawan, Pos Sehat Baiturrahman, Pos Sehat Nurul Farah Haromain dan Pos Sehat Attaubah.

Kegiatan yang dinisiasi LKC DD Banten disasarkan pada warga yang tinggal di sekitar Pos Sehat, penderita PTM yang berusia 16 tahun keatas, dan warga perekonomian rendah.

PTM dapat dicegah dengan mengendalikan fa
ktor resikonya, yaitu merokok, diet yang tidak sehat, kurangnya aktivitas fisik dan konsumsi minuman beralkohol. Mencegah dan mengendalikan faktor resiko relatif lebih murah dibandingkan dengan biaya pengobatan PTM.

Pengendalian faktor resiko PTM merupakan upaya untuk mencegah agar tidak terjadi faktor resiko bagi yang belum memiliki faktor resiko, mengembalikan kondisi faktor resiko PTM menjadi normal kembali dan atau mencegah terjadinya PTM.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua yang telah mendukung ini. Saya bisa mendapatkan obat-obatan yang diperlukan dan perawatan yang sesuai, dan ini sangat membantu memperbaiki kualitas hidup saya”, ujar salah satu penerima manfaat.

Kita bisa mencegah penyakit tidak menular dengan rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat. Mari bersama-sama jaga kesehatan kita.


Oleh Amira N (Editor: Budi S) - 9 Nov 2023 - 00:00:00