blog-post-image
Prioritaskan Kesehatan, LKC Dompet Dhuafa Luncurkan Program Karyawan Sehat

LKCDOMPETDHUAFA.ORG, Tangerang Selatan Dalam upaya mewujudkan karyawan yang sehat guna mengoptimalkan potensi dan produktivitas dalam bekerja, Layanan Kesehatan Ccuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa dengan bangga mengumumkan program karyawan sehat untuk insan LKC DD yang berlokasi di kantor pusat LKC Dompet Dhuafa, Ciputat, Tangerang Selatan, pada Selasa (28/11).

Tujuan program ini adalah untuk mencegah terjadinya angka kesakitan karyawan, khususnya akibat Penyakit Tidak Menular (PTM) yang berpotensi menurunkan kinerja, menjaga stabilitas kesehatan karyawan, dan meningkatkan pengetahuan karyawan tentang penyakit tidak menular (dampak dan pencegahannya).

Aktivitas program karyawan sehat dimulai dengan Medical Check Up (MCU) yang berlangsung pada Jumat (1/12) di Kantor Pusat LKC Dompet Dhuafa. Selain insan LKC Dompet Dhuafa Pusat, turut hadir juga insan LKC DD Jakarta dan LKC DD Jawa Barat.



Setiap karyawan menjalani serangkaian pemeriksaan medis menyeluruh, termasuk tes darah, tes urin, pengukuran tekanan darah,
Elektrokardiografi (EKG), rontgen, tes buta warna, spirometri, dan tes lainnya. 

Hasil pemeriksaan akan disampaikan secara pribadi kepada masing-masing karyawan dan dijamin kerahasiaannya. Program ini tidak hanya merupakan investasi dalam kesehatan individu, tetapi juga sebagai langkah proaktif untuk menciptakan tim yang kuat dan sehat.

“MCU ini termasuk manfaat karyawan. Pada Undang-Undang Ketenagakerjaan sudah dijelaskan bahwa lembaga atau perusahaan wajib melakukan MCU karyawan. Tujuannya adalah untuk mendeteksi faktor-faktor penyakit pada karyawan. Tahun ini LKC mengadakan MCU pemeriksaan lengkap,” jelas Achi Handayani selaku Tim Sumber Daya Insani (SDI) LKC Dompet Dhuafa Pusat. 



Beberapa program aktivitas karyawan sehat yang diinisiasi oleh SDI LKC Dompet Dhuafa adalah
medical check up, senam sehat karyawan, pemberian nutrisi tambahan (stimulan) 1 bulan sekali, pemetaan kesehatan karyawan, olahraga bulu tangkis atau lainnya, pembuatan daftar menu rapat yang sesuai dengan menu sehat gizi seimbang, penyusunan dan pengadaan rapor kesehatan karyawan, posbindu PTM karyawan dan kelas edukasi karyawan PTM.

Rencananya, program karyawan sehat juga akan dilakukan oleh tim LKC Dompet Dhuafa yang tersebar di seluruh Indonesia.

“MCU ini bukan sekedar MCU lalu selesai. Tetapi ada tindak lanjutnya. Diharapkan dari MCU, insan LKC tetap sehat dan sadar terhadap dirinya sendiri. Terdapat beberapa aktivitas karyawan sehat antara lain senam bersama, olahraga bulu tangkis, edukasi PTM, dan sesi konsultasi dengan ahli gizi. Jika memang dari hasil MCU ditemukan karyawan yang terdiagnosis penyakit misalnya diabetes, maka langkah selanjutnya akan berkonsultasi pada ahli gizi. Agar ahli gizi dapat menentukan pola makan yang cocok dan sehat untuk karyawan tersebut,” lanjut Achi.


Oleh Amira N (Editor: Budi S) - 1 Des 2023 - 00:00:00