blog-post-image
Perkuat Kolaborasi Bersama Relawan, LKC Jawa Tengah Gelar Volunteer Camp di Purwokerto

Kolaborasi kuat dengan relawan Jaringan Sehat Indonesia, Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa Jawa Tengah melalui Respon Darurat Kesehatan (RDK) menggelar Volunteer Camp Rekan RDK DD. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari dari tanggal 30 September 2023 sampai 1 Oktober 2023 di Baturaden, Purwokerto, Jawa Tengah, (01/10).

Muhammad Faisal selaku tim RDK dari LKC Pusat menjelaskan kegiatan volunter camp ini sebagai langkah untuk memperkuat relawan kesehatan Jaringan Sehat Indonesia dan memperluas sinergi dan kolaborasi dengan komunitas dan lembaga serta organisasi kerelawanan yang ada di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

“Materi hari pertama ada value kerelawanan yang dibawakan oleh Dompet Dhuafa Jawa Tengah, kemudian dari Pusat Krisis Kesehatan EMT (Emergency Medical Team) Jawa Tengah memaparkan tentang SPGDT (Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu) Bencana dan Manajemen Rumah Sakit Lapangan,” jelas Faisal.




Pada kesempatan yang sama tim RDK dari LKC juga memberikan materi pemaparan dan praktik Bantuan Hidup Dasar (BHD).
Selain itu juga ada materi dan praktik tentang Triase dan Mobilisasi Pasien yang dipaparkan oleh Ambulans Gawat Darurat (AGD) 118.

“Kegiatan relawan camp ini berlangsung sampai malam harinya dengan materi Jaminan Kesehatan yang disampaikan oleh Jamkeswatch dan pada hari keduanya kita ada pemaparan manajemen pemula saran jenazah di lokasi bencana dan sistem komunikasi serta koordinasi oleh BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Provinsi Jawa Tengah,” terangnya Faisal.

Sebanyak 59 peserta dari 35 organisasi yang berasal dari 4 Kabupaten dan Kota Jawa Tengah serta Daerah Istimewa Yogyakarta mengikuti kegiatan ini sampai selesai.


Oleh Budi S - 5 Okt 2023 - 00:00:00