blog-post-image
Peringati HGN, LKC Dompet Dhuafa Gelar Rangkaian Kegiatan di 12 Provinsi

ZNEWS.ID JAKARTA – Memperingati Hari Gizi Nasional (HGN) yang jatuh pada 25 Januari, Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa menggelar rangkaian kegiatan di 12 provinsi yang merupakan titik lokasi sebaran LKC Dompet Dhuafa se-Indonesia.

Di antaranya, pemberian paket PMT (Pemberian Makanan Tambahan) tinggi protein, edukasi protein hewani, pemeriksaan status gizi, lomba pembuatan PMT kreatif mudah murah dan berbahan baku telur, serta kampanye online.

Mengusung tema Cegah Stunting dengan Protein Hewani yang selaras dengan tema Kementerian Kesehatan RI, rangkaian kegiatan yang digelar oleh LKC Dompet Dhuafa ini berupaya mendeteksi stunting atau masalah gizi yang terjadi untuk pencegahan dan penanganan lebih dini.

Jika melihat data yang dilansir dari Kementerian Kesehatan RI, sekitar 23% bayi baru lahir telah mengalami stunting yang disebabkan ibu hamil mengalami kekurangan gizi dan anemia.

Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa menggelar rangkaian kegiatan di 12 provinsi dalam memperingati Hari Gizi Nasional (HGN) yang jatuh pada 25 Januari 2023. (Foto: LKC DD)
Kemudian, data dari Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) 2021 menunjukkan 47,5% bayi di bawah dua tahun (baduta), 6-23 bulan, belum mengonsumsi makanan gizi seimbang, khususnya protein.

Melihat data tersebut dan sesuai dengan tema cegah stunting dengan protein hewani, LKC Dompet Dhuafa berusaha mendorong balita terbiasa mengonsumsi protein hewani, memberikan stimulus ibu untuk memberikan makanan menu gizi seimbang dan protein hewani kepada balita guna pencegahan stunting.



Danan Panggih Wisastra, Senior Officer Program LKC Dompet Dhuafa, menerangkan bahwa pemberian stimulus yang diberikan berupa pemberian paket nutrisi kepada 20 bayi balita malnutrisi di setiap titik lokasi kegiatan. Dan, pemberian edukasi kepada 20 ibu hamil, ibu atau wali yang memiliki balita di 12 titik kegiatan.

“LKC Dompet Dhuafa juga mengadakan kegiatan pemberian paket PMT tinggi protein di 12 titik program kawasan sehat LKC Dompet Dhuafa se-Indonesia. Pemberian paket ini menyasar pada 30 anak dengan masalah gizi di masing-masing area program Kawasan Sehat tersebut. Paket ini berisikan makanan tambahan berupa protein hewani, antara lain telur, ikan, dan protein cookies,” ujar Danan.

Oleh kontributor-Hanan - 4 Agt 2023 - 00:00:00