blog-post-image
Pelatihan UDM Sebagai Langkah Proaktif Kesiapsiagaan Masyarakat Bersama LKC DD Jabar

lkcdompetdhuafa.org, Bogor – Dalam meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi potensi bencana, Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa Jawa Barat mengadakan pelatihan Urban Disaster Management (UDM) di Kawasan Sehat Desa Iwul, Bogor, pada Selasa (22/11).



Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai tindakan darurat dan penanggulangan dampak bencana di perkotaan. Peserta diberikan pengetahuan tentang evakuasi korban dan penanganan pertolongan pertama untuk kondisi henti jantung (RJP). Kegiatan ini diikuti oleh 35 orang yang terdiri dari kader pos sehat dan masyarakat setempat.

Umayra Maulida Sabatiyah selaku Kepala LKC Wilayah Jawa Barat, menjelaskan betapa pentingnya kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana di wilayah perkotaan. “Tujuan mensosialisasikan UDM masyarakat kepada masyarakat sekitar pos sehat adalah untuk meningkatkan pengetahuan mengenai informasi seputar kebencanaan dan pencegahan, membangun kesadaran kader pos sehat untuk peduli terhadap penanggulangan tanggap bencana, serta memberdayakan masyarakat untuk lebih peduli terhadap pencegahan dan saat bencana terjadi,” jelas Umayra.

Lebih lanjut Umayra berharap ke depan nantinya di setiap pos sehat memiliki kader tanggap bencana dan sebagai upaya dalam kesiapsiagaan bencana di wilayah mereka masing-masing.

Peserta pelatihan terlibat secara aktif dan tampak antusias mengikuti simulasi pertolongan pertama pada korban untuk mengembalikan fungsi pernafasan atau sirkulasi pada seseorang yang mengalami henti nafas atau henti jantung. Langkah ini diharapkan dapat menjadi landasan yang kuat bagi masyarakat tersebut dalam merespons dan mengatasi situasi darurat kesehatan yang mungkin terjadi di masa depan.


Oleh Amira N (Editor: Budi S) - 27 Nov 2023 - 00:00:00