blog-post-image
Meriahkan HAN, LKC DD Jateng Gelar Aksi Layanan Sehat di Sekolah

ZNEWS.ID BANYUMAS – Memperingati Hari Anak Nasional (HAN) 2023, Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa Jawa Tengah (DD Jateng) melangsungkan rangkaian kegiatan edukasi, pemeriksaan kadar HB, kesehatan gigi dan mulut, serta pemberian paket hygiene kit bagi siswa/siswi SD Negeri Suro, Desa Suro Kecamatan Kalibagor, Kabupaten Banyumas, Senin (24/7/2023).
 
Sebanyak 51 anak kelas 6 menjalani pemeriksaan yang melibatkan tim medis Gerai Sehat Husada, Jurusan Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman, dan Universitas Islam Negeri KH Syaiffudin Zuhri Purwokerto.
 
Pemeriksaan berat badan dan tinggi badan menjadi langkah pertama dalam upaya memahami status gizi anak-anak. Selanjutnya, pemeriksaan anemia menjadi perhatian utama.
 
Tim medis melakukan tes darah untuk memastikan tingkat hemoglobin anak-anak berada dalam batas normal. Pemeriksaan anemia bertujuan mendeteksi secara dini permasalahan anemia pada usia anak sekolah, sehingga dapat dilakukan upaya pencegahan akibat dari anemia di masa yang akan datang.
 
 
Subuh Sartono SPd SD, Kepala Sekolah SD Negeri Suro, menyampaikan terima kasih atas pelaksanaan Peringatan HAN 2023 dan Festival Muharam 1445 H di SD Negeri Suro.

“Melalui kegiatan ini, dapat diketahui status kesehatan siswa, terutama anak-anak kelas enam yang sudah mulai beranjak remaja,” katanya.
 
Sartono menambahkan, ke depannya, pihaknya sangat terbuka untuk berkolaborasi dengan LKC Dompet Dhuafa Jateng dan mendukung aktivitas Kawasan Sehat di wilayah Desa Suro.
 

Oleh Kontributor-Mutia - 27 Jul 2023 - 14:07:00