blog-post-image
LKC Dompet Dhuafa Turunkan Tim Pada Banjir di Margasari, Tegal

LKC.DOMPETDHUAFA.ORG, Tegal - Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa Jawa Tengah melalui tim Respon Darurat Kesehatan (RDK) buka layanan kesehatan untuk tangani penyintas bencana banjir yang melanda di sejumlah desa di Kecamatan Margasari, Kabupaten Tegal (07/02).



Adapun ketinggian banjir mencapai 1,5 meter dan menyebabkan akses jalan terendam sehingga mengharuskan proses evakuasi menggunakan perahu karet. Menurut Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops) BPBD, banjir disebabkan karena hujan deras dan durasi lama yang mengguyur kawasan tersebut.

Bencana banjir ini merendam kawasan pemukiman warga di Desa Prupuk Utara, Kaligayam, Pakulaut dan Kalisalak. Bukan hanya itu, banjir juga berdampak pada Jalan Nasional Tegal - Purwokerto dan mengakibatkan jalan lumpuh total.

Muhammad Fadil, Tim RDK yang turun di lokasi bencana menuturkan warga di Desa Prupuk Utara mengeluhkan sakit pusing dan gatal-gatal. Desa Prupuk Utara menjadi lokasi yang terdampak paling parah.

“Kami melaksanakan layanan kesehatan mobil untuk menangani keluhan warga, pelaksanaan 1 hari dengan melibatkan tim medis LKC Dompet Dhuafa Jateng. Aksi Layan Sehat (ALS) yang berlangsung menjangkau sebanyak 120 jiwa dan ditemukan 10 penyakit terbanyak salah satunya ialah dermatitis. Selain pemeriksaan kesehatan, ada juga Pos Hangat yang dibuka oleh Disaster Management Center atau DMC Dompet Dhuafa,” ujar Fadil.

Oleh Budi S - 13 Feb 2024 - 00:00:00