blog-post-image
LKC Dompet Dhuafa Sumsel Lakukan Pemicuan STBM Pilar 1 di Desa Sukabumi OKU Timur

OKU Timur, AkselNews.com – Tim Layanan Kesehatan Cuma-cuma Dompet Dhuafa Sumsel (LKC Dompet Dhuafa Sumsel) blusukan sampai ke Desa Sukabumi, Kecamatan Cempaka, Kabupaten OKU Timur, melakukan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Senin (24/7/2023).

Bukan tanpa alasan tentunya Tim LKC Dompet Dhuafa Sumsel memilih Desa Sukabumi. Di sini, keberadaan Jamban atau WC di setiap rumah tangga di Desa Sukabumi masih menjadi masalah yang belum tertuntaskan.

“Data menunjukkan sekitar 103 KK yang tersebar di 5 dusun belum memiliki jamban keluarga. Oleh karena itu, LKC Dompet Dhuafa Sumsel menggandeng masyarakat yang tidak memiliki jamban untuk ikut dalam pemicuan dan penandatanganaan komitmen pembuatan jamban sehat,” ungkap Kepala Klinik LKC Dompet Dhuafa Sumsel, Tri Hartati.



Pemicuan yang dilaksanakan di rumah Kepala Desa Sukabumi ini diikuti oleh sembilan warga yang tidak memiliki jamban dan dihadiri juga oleh Kepala Desa beserta Staff Pemerintahan Desa Sukabumi, Tokoh Agama Desa Sukabumi, dan Mahasiswi KKN Universitas Nurul Huda.

Kegiatan ini bertujuan untuk mentriger rasa malu, rasa jijik dan pemahaman masyarakat terhadap dampak kebiasaan buang air besar di sembarang tempat.

“Diharapkan dengan diadakannya kegiatan ini dapat meningkatkan kepedulian masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan lingkungan untuk menghindari berkembangnya penyakit disebabkan lingkungan kotor dan mendorong tercapainya indikator Kawasan Sehat Stop BABS dan desa ODF sesuai dengan pilar 1 STBM,” katanya.

Oleh kontributor-Hanan - 25 Jul 2023 - 16:07:00