blog-post-image
LKC Dompet Dhuafa Launching Program Kawasan Sehat di Desa Pagar Dewa Muara Enim Sumatera Selatan

LKCDOMPETDHAUFA.ORG, Sulawesi Selatan - Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa Sumatera Selatan menggelar Launching Program Kawasan Sehat di Desa Pagar Dewa, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim pada Rabu (15/5).



Turut hadir dalam acara kali ini, Koordinator LKC Dompet Dhuafa Sumatera Selatan, Sekertaris dan Kasi Pemerintahan Kecamatan Tanjung Agung, Kasubag TU, PJ, Kesling dan PJ Keswa Puskesmas Tanjung Agung, Ketua PKK, BPD, Tokoh Agama, Kader Kesehatan dan Perangkat Desa Pagar Dewa serta masyarakat setempat.

Acara diresmikan langsung oleh Tri Hartati selaku Koordinator LKC Dompet Dhuafa Sumsel bersama dengan para stakeholder setempat dengan melakukan penyerahan tanaman obat keluarga kepada pihak Desa sebagai simbolis. Selepas itu secara bersama-sama para stakeholder bersama koordinator LKC Dompet Dhuafa Sumsel melakukan pengguntingan pita sebagai tanda pengukuhan bergulirnya program kawasan sehat di Desa Pagar Dewa.

"Program Kawasan Sehat tidak bisa dijalankan oleh LKC saja, akan tetapi perlu adanya dukungan dari berbagai pihak, stakeholder dalam hal ini desa, puskesmas, kecamatan, dinas kesehatan dan semua masyarakat setempat,” ujar Tri.

Program kawasan sehat merupakan upaya untuk membangun pola hidup sehat di suatu kawasan dengan mengacu pada 7 indikator. Adapun indikatornya yaitu kesehatan ibu dan baduta, eliminasi stunting, pengelolaan PTM, pengelolaan TBC, lingkungan hijau produktif, sanitasi yang baik dan sehat mental spiritual.

"Untuk tahun pertama di desa pagar dewa, kami akan fokus pada pencapaian 4 indikator sesuai dengan prioritas masalah yang telah ditetapkan yaitu KIA, eliminasi stunting, pengelolaan PTM dan pengelolaan TB. Namun, bukan berarti 3 indikator lainnya tidak akan dilaksanakan, hanya saja 4 indikator utama tadi akan kami usahakan tercapai penuh targetnya per desember 2024 nanti,” Ujar Risky Tiara Putri selaku Penanggungjawab Kawasan Sehat.

Bergulirnya program kawasan ini disambut baik oleh kepala dusun 2 yang berharap melalui program ini mampu mewujudkan kolaborasi yang baik dan bermanfaat untuk masyarakat.

“Kami pihak Desa Pagar Dewa menyambut baik program kesehatan dari LKC Dompet Dhuafa Sumsel. Harapannya akan terjalin kerjasama yang baik diantara kita dalam meningkatkan kesehatan di wilayah pagar dewa,” ucap Sutarmoko sebagai Kepala Dusun 2.

Oleh Budi S - 7 Jun 2024 - 00:00:00