blog-post-image
LKC Dompet Dhuafa Hadirkan Bidan Untuk Negeri di Desa Coppo Tompong Sulawesi Selatan

LKC.DOMPETDHUAFA.ORG, Sulsel -  Dalam upaya meningkatkan akses layanan kesehatan ibu dan anak di wilayah 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar) Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa Sulawesi Selatan meresmikan program Bidan Untuk Negeri (BUN) penempatan wilayah Sulsel. Acara peresmian ini digelar di Aula Puskesmas Mandalle, Rabu 11 September 2024.



Dalam sambutannya, Imran selaku Koordinator LKC Dompet Dhuafa Sulawesi Selatan memaparkan tentang program BUN yang memiliki komitmen untuk mendekatkan akses pelayanan kesehatan di daerah terpencil, dalam mencapai 12 indikator Standar Pelayanan Minimal (SPM) dan ikut serta dalam pembangunan berkelanjutan.

“Program Bidan Untuk Negeri ini bukan hanya milik LKC Dompet Dhuafa, tetapi ini merupakan kolaborasi dari semua pihak, ini milik semua masyarakat, baik pemerintah daerah, pemerintah desa dan puskesmas setempat,” ujar Imran.



Kehadiran program BUN di wilayah Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) ini mendapatkan sambutan yang baik dari pemerintah setempat. Herlina yang bertindak sebagai Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pangkep menyatakan akan mendukung program yang telah diresmikan hari ini.

“Kerjasama ini merupakan langkah strategis dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan ibu dan anak di daerah kami. Kami berharap dengan adanya Bidan Untuk Negeri di desa Coppo Tompong bisa direplikasikan ke desa-desa yang ada di wilayah Pangkep dengan akses kesehatan yang sulit,” tutur Herlina.

Program BUN sejalan dengan misi pemerintah untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi serta meningkatkan kualitas masyarakat di daerah. Program ini bisa bisa menjadi solusi nyata untuk memperkuat pelayanan kesehatan sekaligus memberikan harapan bagi masyarakat di pelosok negeri, agar semua masyarakat bisa mendapatkan fasilitas yang baik.

Penandatanganan perjanjian kerjasama atau MoU dan komitmen LKC Dompet Dhuafa Sulawesi Selatan bersama beberapa bagian terkait, menjadi bukti bahwa secara sah Program BUN telah resmi bergulir untuk masyarakat Sulawesi Selatan, di wilayah Pangkep tepatnya di desa Coppo Tompong.

Oleh Budi S - 14 Sep 2024 - 00:00:00