blog-post-image
LKC Dompet Dhuafa dan BNN Kota Tangerang Gelar Ragam Edukasi Bahaya Narkotika di SMA Al Syukro Universal

TANGERANG SELATAN — Nyalakan semangat War On Drugs, Layanan Kesehatan Cuma-cuma (LKC) Dompet Dhuafa Banten berkolaborasi dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Tangerang dan Sekolah Menengah Atas Islam Al Syukro Universal menghelat peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) yang ditetapkan setiap tanggal 26 Juni. Kegiatan ini berlangsung di SMA Islam Al Syukro Universal, Tangerang Selatan, Banten pada Kamis (15/6/2023).

Ragam kegiatan tersaji pada peringatan HANI kali ini. Mulai dari edukasi dengan media gambar, pemaparan edukasi terkait bahaya narkotika dari pihak BNN, lomba pentas drama yang bercerita bahaya narkotika, dan permainan ular tangga anti narkotika.

“Kegiatan ini selain bekerja sama dengan BNN dan pihak Al Syukro, kami juga melibatkan relawan dari mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) dan Universitas Pamulang. Lebih dari 50 orang siswa mengikuti kegiatan hari ini. Kami juga berusaha menghadirkan jenis edukasi yang semenarik mungkin, agar para siswa tidak bosan dan mampu menyerap informasi sampai tuntas tentang narkotika hari ini,” tutur Meyta Winduka selaku Kepala LKC Dompet Dhuafa Banten.






Kegiatan ini pun mendapat tanggapan positif dari pihak sekolah, Henrizal Saidi Harahap selaku Kepala Sekolah SMA Islam Al Syukro menuturkan bahwa kegiatan ini mampu menambah wawasan para siswa. Sehingga, para siswa bisa mawas diri lagi terhadap bahaya narkotika.

“Kami sangat senang tentunya dan bangga karena SMA Al Syukro dilibatkan dalam memperingati Hari Anti Narkotika Internasional. Kegiatannya sungguh sangat menarik. Menurut saya, banyak kegiatan yang sifatnya dua arah, melibatkan keaktifan dari para siswa untuk terlibat langsung di dalam edukasi ini, seperti ular tangga dan drama-drama,” ujar Henrizal.

Kemudian, edukasi terkait bahaya narkotika diberikan langsung oleh Larry Yudawan dari BNN Kota Tangerang. Menurutnya, edukasi ini menjadi penting sebagai upaya untuk mengenalkan bahaya narkotika kepada para siswa, agar mereka terpapar informasi narkotika dan mampu melindungi diri mereka dari bahaya narkotika tersebut.






“Kita harus berani dalam mengambil langkah nyata untuk perangi narkotika dengan melakukan stop narkotika dan kita dapat melindungi serta menciptakan generasi yang unggul,” jelas Larry.

Para siswa yang mengikuti kegiatan ini mengaku mendapat banyak informasi dan makin tahu tentang apa itu narkotika dan seperti apa bahayanya bagi kehidupan.

“Narkotika itu bisa mengancam kehidupan kita, melalui edukasi yang diberikan hari ini kita jadi semakin tahu tentang narkotika. Edukasinya juga sangat menarik sekali, seru semua kegiatannya, mulai dari presentasi dari BNN, tadi juga kita ada drama memerankan bahaya narkotika,” kata Afifah Nur Aini salah seorang siswi Al Syukro yang mengikuti kegiatan hari ini.

 

 


Oleh Budis2102 - 8 Agt 2023 - 15:08:02