blog-post-image
LKC Dompet Dhuafa Bekali Para Kader untuk Deteksi Dini faktor Penyakit Tidak Menular

LKC.DOMPETDHUAFA.ORG, Jakarta - Dalam upaya meningkatkan kapasitas kader kesehatan, Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa Jakarta melangsungkan kegiatan refresh kader posyandu, kegiatan ini meliputi edukasi tentang pencegahan dan pengendalian Penyakit Tidak Menular (PTM). Adapun kegiatan dilaksanakan di Puskemas Pembantu (Pustu) Kelurahan Pejagalan pada hari Kamis, 3 Oktober 2024.



“Dalam kegiatan ini para kader mendapatkan pembekalan mengenai pentingnya deteksi dini dan pengelolaan faktor resiko PTM, seperti hipertensi dan diabetes mellitus. Selain itu diberikan pula penguatan dalam melakukan pengukuran tinggi badan, berat badan dan lingkar perut,” jelas Sari Bunga selaku Kepala LKC Dompet Dhuafa Jakarta dalam keterangan melalui pesan singkat.

Lebih dalam Ia menerangkan ada juga prosedur pengoperasian alat tensimeter dan pemeriksaan GCU (Glucose, Cholesterol, Uric Acid) atau Gula, Kolesterol dan Asam Urat. Para kader diberikan pengetahuan untuk memantau kondisi kesehatan masyarakat dengan lebih efektif.

“Kegiatan refresh kader ini sangat penting untuk terus meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para kader kesehatan, khususnya Posbindu PTM. Kami berharap para kader dapat menjadi garda terdepan dalam mendukung kesehatan masyarakat, terutama dalam mengedukasi warga terkait penyakit tidak menular,” ujar Ns. Merryani Purba, Kepala Puskesmas Kelurahan Pejagalan.

Antusiasme para kader terlihat sangat tinggi, hal itu tergambar dari keaktifan disepanjang sesi diskusi. Banyak hal-hal atau pengetahuan baru bagi para kader dalam pengelolaan Posbindu PTM yang lebih baik. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkaya pengetahuan para kader, selain itu juga menumbuhkan minat kontribusi dalam upaya meningkatkan kesehatan di masyarakat sekitar dan memperkuat upaya pencegahan penyakit tidak menular, utamanya di RW 13, Kelurahan Pejagalan.

Oleh Budi S - 7 Okt 2024 - 00:00:00