blog-post-image
LKC Dompet Dhuafa Adakan Edukasi Kanker Serviks dan Payudara di Kawasan Sehat Papua

LKCDOMPETDHUAFA.ORG, PAPUA − Layanan Kesehatan Cuma-Cuma Dompet Dhuafa (LKC) Papua mengadakan kegiatan edukasi di Kawasan Sehat, Kecamatan Arso, Kabupaten Keerom, Papua, Rabu (13/12). Kegiatan dengan tema Edukasi Kanker Serviks dan Kanker Payudara yang diikuti oleh 51 jiwa warga sekitar. Sasaran dari kegiatan ini adalah wanita usia subur di rentang usia 15-49 tahun.

“Edukasi kanker serviks dan payudara merupakan langkah awal untuk mendeteksi dini kanker. Melalui edukasi ini, diharapkan perempuan mampu memahami gejala-gejala awal kanker serviks dan payudara,” ujar Aisah selaku Penanggung Jawab Program Kawasan Sehat LKC Dompet Dhuafa Papua. 

 

Materi edukasi yang diberikan antara lain berupa pemahaman tentang kanker serviks dan kanker payudara serta pentingnya Sadanis (Pemeriksaan Payudara secara Klinis) yang dilakukan oleh tenaga kesehatan.




Selanjutnya pada Senin (18/12), diadakan pemeriksaan Sadanis dan IVA Test (Inspeksi Visual Asam Asetat). Tes Sadanis merupakan deteksi dini untuk kanker payudara dan Tes IVA merupakan pemeriksaan untuk deteksi dini kanker serviks. Pemeriksaan Tes IVA adalah dengan melihat kelainan setelah mengoleskan larutan asam asetat (asam cuka 3-5%). 


Oleh Amira N (Editor: Budi S) - 27 Des 2023 - 00:00:00