blog-post-image
LKC DD Yogyakarta Edukasi Ibu-Ibu di Bantul Manajemen Terpadu Balita Sakit

ZNEWS.ID BANTUL – Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa Yogyakarta kembali menyelenggarakan Kelas Ibu Balita di wilayah Kalurahan Wukirsari, Imogiri, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, beberapa waktu lalu.
 
Tema yang diangkat yaitu mengenai MTBS. MTBS sendiri merupakan singkatan dari Manajemen Terpadu Balita Sakit, yaitu suatu pendekatan keterpaduan dalam tatalaksana bagi bayi dan balita yang sakit di fasilitas kesehatan.
 


Kegiatan kelas balita kali ini dilaksanakan di tiga tempat yaitu Dusun Sindet, Dusun Giriloyo, dan Dusun Nogosari 2. Materi yang disampaikan oleh narasumber merupakan kiat-kiat pertolongan pertama dalam menghadapi beberapa penyakit yang kerap terjadi pada anak antara lain diare dan pneumonia.
 
Respons dari ibu-ibu balita yang mengikuti kelas cukup baik. Hal tersebut bisa dilihat ketika sesi tanya jawab dan diskusi yang terasa sangat hidup karena banyak ibu yang bergantian bertanya atau berbagi cerita atau pengalamannya selama ini.
 
 
Harapannya dengan mengikuti kelas balita tersebut, para ibu mendapatkan pengetahuan baru, khususnya ketika menghadapi anak yang sakit. Sehingga, ke depannya dapat melakukan langkah yang tepat untuk mencegah penyakit tersebut bertambah parah.
 
Apalagi pada kegiatan kelas balita ini para ibu dapat berdiskusi langsung pada dokter atau bidan yang menjadi narasumber. Sehingga, apabila memiliki pertanyaan yang mengganjal dapat diutarakan untuk dibahas bersama. (LKC DD Yogyakarta)
 
 

Oleh Kontributor-Mutia - 1 Jul 2023 - 15:07:00