blog-post-image
LKC DD Sulsel Lakukan Skrining Kesehatan Mental untuk Ratusan Warga Kawasan Sehat Pulau Balang Lompo

LKCDOMPETDHUAFA.ORG, Pangkep Guna mendeteksi dini masalah kesehatan mental dan memberikan intervensi segera mungkin, LKC Dompet Dhuafa Sulawesi Selatan melakukan skrining dan pendampingan kesehatan mental pada Program Kawasan Sehat Pulau Balang Lompo yang berfokus untuk warga RW 03 Kelurahan Mattiro Sompe, Kecamatan Liukang Tupabiring, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, Sulawesi Selatan, pada Ahad (26/11).

Dengan melibatkan kader kesehatan beserta Volunteer LKC Dompet Dhuafa Sulsel, kegiatan skrining dilakukan secara door to door atau mendatangi langsung warga dari rumah ke rumah, dengan sasaran usia produktif dan lansia.

Total 314 warga berhasil diskrining dalam kegiatan ini dan 53 warga nantinya akan mendapatkan pendampingan oleh psikolog. Tak hanya skrining, warga juga diberikan hygiene kit dari tim LKC DD Sulsel.

Kepala Kelurahan Mattiro Sompe, H. Muhammad Natsir, S.E, sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada LKC DD Sulsel yang terus hadir memberikan layanan kesehatan, hingga kondisi mental warga juga menjadi perhatian melalui skrining ini.

"Tentu kami merasa sangat terbantu sekali dengan kegiatan yang dilakukan oleh LKC DD Sulsel, dari kegiatan ini para warga bisa melakukan pemeriksaan kesehatan mentalnya," ujar M. Natsir.



Imran, PIC Program Kawasan Sehat LKC DD Sulsel mengatakan, skrining kesehatan mental penting dilakukan sebagai salah satu bagian dari hidup sehat, tak hanya secara fisik tapi juga psikologis.

“Melalui skrining ini diharapkan bisa mendeteksi dini dan menentukan risiko seseorang untuk mengalami gangguan mental, seperti gangguan kecemasan, depresi, atau gangguan makan. Utamanya para lansia kita yang sangat rentan mengalami depresi. Nantinya, warga yang terdeteksi mengalami kecemasan maupun depresi akan didampingi konseling oleh Psikolog,” jelas Imran.


Oleh Amira N (Editor: Budi S) - 1 Des 2023 - 00:00:00