blog-post-image
LKC DD Sulsel Gelar Demo Masak di Pos Sehat Paropo

LKCDOMPETDHUAFA.ORG,  Makassar Melalui program Pos Sehat, LKC Dompet Dhuafa Sulawesi Selatan bersama Kader Pos Sehat gelar Demo Masak guna meningkatkan pemahaman tentang gizi seimbang dan mendorong gaya hidup makan sehat di Pos Sehat Paropo, Kota Makassar, pada Rabu (29/11).

Sebanyak 15 ibu-ibu dari kader Pos Sehat mengikuti kegiatan demo masak. Menu demo masak yang disajikan adalah nasi putih, perkedel, ikan kembung dan sayur daun kelor.

Imran selaku PIC Program LKC Dompet Dhuafa Sulawesi Selatan mengatakan, mengkonsumsi ikan dapat memberikan banyak manfaat, karena ikan memiliki berbagai kandungan yang baik bagi tubuh, diantaranya sumber protein berkualitas tinggi, mengandung omega-3 dan nutrisi esensial lainnya.

“Menu ikan kembung sengaja dipilih karena ikan ini mudah didapat di Kota Makassar, tak hanya itu ikan kembung sendiri merupakan sumber protein hewani yang cocok untuk mengatasi stunting. Apalagi kandungan omega 3 dan zinc dalam ikan kembung sangat tinggi. Sehingga bisa membantu pertumbuhan dan perkembangan anak. Begitu pula dengan menu sayur daun kelor sangat mudah didapat dan mengandung nutrisi yang tinggi,” jelasnya.

Dilaporkan dari Nutrition Advance , kandungan omega 3, magnesium, kalium, zinc dan selenium dalam ikan kembung dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Selain itu dikutip dari laman Kementerian Kelautan dan Perikanan, kandungan gizi ikan kembung setiap 100 gram lebih bagus dari ikan salmon. Ikan kembung memiliki omega 3, protein dan zat besi yang lebih tinggi dibandingkan ikan salmon.

Ibu Seniar salah satu ibu balita mengatakan sangat senang dengan kegiatan demo masak yang diselenggarakan LKC Sulawesi Selatan serta makan bersama ini. Selain menambah ilmu serat dan variasi menu, ini juga menumbuhkan kebersamaan bagi ibu-ibu balita yang anaknya mengalami kurang gizi. Serta anak-anak juga makannya lebih lahap selain menunya enak, makan ramai-ramai memang lebih nikmat.

Lebih lanjut Imran mewakili LKC DD Sulawesi Selatan, berharap kedepannya peserta demo masak ini bisa mengimplementasikan pengolahan makanan dengan baik, sehat, enak serta bernutrisi tinggi dalam upaya pencegahan stunting.


Oleh Amira N (Editor: Budi S) - 30 Nov 2023 - 00:00:00