blog-post-image
Libatkan Siswa dalam Senam Diabetes dan Urban Disaster Management bersama LKC DD Jatim

lkcdompetdhuafa.org, MagetanDalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa Jawa Timur melakukan kegiatan senam Diabetes Mellitus (DM) dan Workshop Urban Disaster Management (UDM) di SMAN 1 Maospati, Kabupaten Magetan , Jawa Timur, pada Selasa (21/11).

Kegiatan ini diikuti oleh 100 siswa-siswa SMAN 1 Maospati. Tujuannya adalah agar para siswa lebih memahami lebih jauh mengenai Penyakit Tidak Menular (PTM) dan mempererat hubungan dengan pemangku kepentingan untuk terus berkolaborasi dalam kegiatan lainnya.



Senam diabetes ini dipimpin oleh instruktur yang khusus untuk senam pencegahan penyakit dari pelayanan Prolanis Paveliun Merpati. Dilanjutkan kegiatan penyuluhan Urban Disaster Management (UDM) dari RDK LKC Jatim serta pembagian doorprice.

Bapak Kasbin selaku Wakil Kepala Sekolah SMAN 1 Maospati, mengatakan bahwa kegiatan ini sangat berkesan bagi siswa-siswa SMAN 1 Maospati.

“Kami sangat berterima kasih kepada teman-teman LKC Jawa Timur karena ini merupakan hal baru bagi siswa seperti senam DM dan sosialisasi UDM, diharapkan bisa berkolaboraksi untuk kegiatan lainnya,” ucapnya.


“Dimana kita mengetahui siswa-siswa SMA juga merupakan usia yang harus dilindungi karena PTM. Harapannya dengan kita mengenalkan sejak dini tentang penyakit DM kepada siswa dan siswi SMA, mereka akan lebih sadar akan bahaya DM dan pencegahannya serta dapat meningkatkan perilaku hidup sehat,” ujar Deni Setiawan selaku Kepala LKC Jawa Timur.

Selanjutnya hal yang sama disampaikan oleh Dara Aprilia Aurilia Mawanti, PIC Program LKC DD Jawa Timur, menuturkan siswa-siswa mempunyai peran penting dalam upaya pencegahan DM sejak dini.

 

“Untuk meningkatkan pentingnya upaya dalam pencegahan DM. Salah satunya dengan senam Diabetes (DM) karena senam DM bermanfaat untuk menurunkan glukosa darah. Karena siswa memiliki peran penting dalam upaya pencegahan DM sejak dini sehingga dengan keterampilan senam dapat menyebarkan cara dan informasi kepada keluarga atau masyarakat,” tuturnya. 


Oleh Amira N (Editor: Budi S) - 21 Nov 2023 - 00:11:00