blog-post-image
Laporan Aktifitas tim RDK LKC Dompet Dhuafa di Gunung Lewotobi

Tingkat aktivitas Gunung Lewotobi Laki-Laki di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) dinaikkan dari Level II (Waspada) ke Level III (Siaga) sejak Senin (1/1/2024) pukul 04:00 WITA. Peningkatan status gunung api ini lantaran aktivitas gunung selama sepekan sebelumnya yang mengeluarkan asap kawah secara nonstop. Masyarakat di sekitar Gunung Lewotobi Laki-Laki pun terpaksa mengungsi untuk menyelamatkan diri.



Di tengah kedaan tersebut, Layanan Kesehatan Cuma-Cuma Dompet Dhuafa menurunkan tim Respon Darurat Kesehatan (RDK), Tim RDK LKC Dompet Dhuafa membuka layanan medis bagi penyintas yang sedang mengungsi.

Dilaporkan melalui pesan singkat dari Faisal tim RDK LKC DD Pusat pada tanggal 8 Januari 2024, sejumlah 33 orang penyintas mendapatkan layanan kesehatan dari tim RDK LKC Dompet Dhuafa, 11 laki-laki dan 22 perempuan. Selain itu tim juga mendistribusikan masker sebanyak 50 masker.



Penerima manfaat layanan kesehatan ini didominasi oleh usia dewasa, kemudian lansia, remaja, anak, bayi dan balita. Dengan jumlah sebagai berikut, 15 dewasa, 11 lansia, 7 remaja, 5 anak, 3 bayi dan 2 balita.

Pada bencana ini jumlah penyakit terbanyak yang dilaporkan berupa Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) dan batuk pilek sebanyak 25 orang, dispepsia atau gangguan pencernaan, mual dan muntah sebanyak 11 orang dan diare sebanyak 3 orang.

Oleh Budi S - 11 Jan 2024 - 00:00:00