blog-post-image
Kuatkan Sinergi bersama IDI, LKC Paparkan Praktik Baik Program TBC di Masyarakat


Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) terus berupaya untuk melangkah dalam gerakan eliminasi TBC (Tuberkulosis), kali ini LKC terlibat dalam pemaparan edukasi tentang TBC pada acara Rangkaian Kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Dokter Indonesia (IDI) ke-73 yang bertajuk “Memperkuat Tradisi Luhur, Bersatu dan Mengabdi untuk Rakyat Indonesia”, (29/09).

IDI melakukan berbagai kegiatan edukasi yang sasarannya tidak hanya dari kalangan media, akan tetapi juga merambah ke seluruh masyarakat. Untuk itu, seminar kesehatan seri ke-2 kali ini digelar dengan tema “Bersama Akhiri TBC untuk Indonesia Sehat”. Hal ini ditujukan untuk memberikan informasi dan update keilmuan tentang TBC kepada masyarakat dan semua pihak yang berkepentingan.

“Sebuah kehormatan LKC dapat turut serta memeriahkan hari jadi IDI yang ke-73 melalui event seminar awam tentang TBC. Pada kesempatan kali ini kami diberi kesempatan untuk berbagi tentang praktik baik dalam pelaksanaan program TBC di masyarakat,” tutur Danan Panggih Wisastra selaku Senior Officer Pemberdayaan Kesehatan LKC Pusat.

Lebih jauh Danan menjelaskan program TBC di masyarakat terdapat dalam program Kawasan Sehat LKC yang telah berjalan sejak 2020 sampai dengan saat ini. Terdapat 22 titik program Kawasan Sehat yang tersebar di 12 Provinsi. Tak hanya itu, LKC juga selalu aktif dalam melakukan kampanye pada setiap momen TBC Day. Bahkan pada rangkaian kegiatan TBC LKC, ada edukasi menarik yang dikemas, diantaranya melalui Pameran TBC, Bioskop TBC yang diselenggarakan di sekolah-sekolah.

Semua hal yang dilakukan LKC sejalan dengan tujuan kegiatan pada seminar kesehatan kali ini, yaitu diantaranya meningkatkan awareness dan mendukung program nasional untuk eliminasi TB tahun 2030 serta meningkatkan kampanye dengan penyebarluasan informasi terkait TBC serta mendorong semua pihak untuk terlibat aktif dalam pencegahan dan pengendalian TBC.


Oleh Budi S - 30 Sep 2023 - 00:00:00