blog-post-image
Gelar Skrining Kesehatan, LKC Dompet Dhuafa Fokus Kurangi Risiko Penyakit Tidak Menular

LKCDOMPETDHUAFA.ORG, PAPUA – Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa Papua mengadakan kegiatan rutin bulanan skrining dan pemeriksaan kesehatan Pos Binaan Terpadu (Posbindu) Penyakit Tidak Menular (PTM) di Kawasan Sehat Kampung Bagia Pir III Kecamatan Arso, Kabupaten Keerom, Papua, Kamis (14/12).

Adapun rangkaian pemeriksaannya dimulai dari pengukuran tinggi badan dan berat badan, pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan asam urat, gula darah dan kolesterol, sebanyak 75 warga hadir mengikuti kegiatan yang dilangsungkan hari ini.


Aishah selaku Penanggung Jawab Program Kawasan Sehat LKC Dompet Dhuafa Papua menuturkan pentingnya memiliki kesadaran untuk memeriksa diri atau deteksi dini agar meminimalisir komplikasi dari PTM.

“Penyakit tidak menular (PTM) merupakan penyakit yang tidak bisa menular dari orang ke orang, yang perkembangannya berjalan perlahan dalam jangka waktu yang panjang (kronis). Pada perjalanan awal, PTM sering tidak bergejala, banyak yang tidak mengetahui dan menyadari jika mengidap PTM,” jelas Aishah

Lebih lanjut Aishah menjelaskan LKC Dompet Dhuafa Papua rutin melangsungkan Posbindu PTM di wilayah kawasan sehat dengan tujuan untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor resiko PTM.


Oleh Amira N (Editor: Budi S) - 28 Des 2023 - 00:00:00