blog-post-image
Dahsyatnya Sedekah di Hari Jumat

Sedekah adalah salah satu amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Tindakan memberikan sebagian harta atau bantuan kepada mereka yang membutuhkan memiliki banyak keutamaan dan manfaat, baik di dunia maupun di akhirat. Selain itu sedekah juga merupakan salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Salah satu waktu yang sangat dianjurkan untuk bersedekah adalah di hari Jumat.

Hari Jumat adalah hari yang sangat istimewa dalam Islam. Dalam Al-Qur'an, Allah SWT menyebutkan keagungan hari ini dalam surat Al-Jumu'ah (62:9-10): "Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk mengerjakan shalat pada hari Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkan jual beli. Yang demikian itu adalah lebih baik bagimu jika kamu mengetahui." Hari Jumat adalah hari pertemuan umat Muslim untuk melaksanakan shalat Jumat, yang juga disebut sebagai "imam" atau "puncak" dari shalat dalam satu Minggu.

Karena keistimewaan ini, berbagai ibadah dan amal sholeh di hari Jumat diberikan keutamaan lebih. "Apabila kita mempercayai sesuatu dan kita betul-betul percaya, maka Allah akan kabulkan sesuatu itu menjadi nyata. Jadi kita bisa memilih untuk bersedekah di hari Jumat supaya mendapat pahala yang berlipat ganda," kata Ustadz Ahmad Pranggono, Dai Cordofa Dompet Dhuafa.

Berikut beberapa keutamaan dan amalan dahsyatnya bersedekah di hari Jumat :

1. Mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sedekah adalah salah cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sedekah di hari Jumat menunjukkan niat yang baik dan kesadaran akan keagungan hari tersebut. Ini merupakan kesempatan untuk memperkuat hubungan kita dengan Sang Pencipta.

2. Mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Setiap amalan yang kita kerjakan dengan ikhlas akan Allah SWT balas dengan pahala kebaikan. Dalam hal ini, terdapat salah satu amalan yang pahala kebaikannya dilipatgandakan seperti sedekah di hari Jumat. Hal ini sebagaimana disebutkan oleh Imam Syafi’i dalam kitab Al-Umm sebagai berikut: “Telah sampai kepadaku dari Abdillah bin Abi Aufa bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda : “Perbanyaklah sholawat kepadaku di hari jum’at, sesungguhnya sholawat itu tersampaikan dan aku dengar. Dan di hari jumat pahala bersedekah dilipatgandakan”. (Imam Asy-Syafi’i dalam al-umm juz 1 hal. 239)
3. Menghapuskan Dosa. Rasulullah SAW bersabda, "Sedekah pada hari Jumat akan menghapus dosa seperti air yang memadamkan api." (HR. Ahmad) Dengan berkedermawanan di hari ini, kita memiliki kesempatan untuk membersihkan diri dari dosa-dosa kita dan memulai lembaran baru.

4. Mendapat Keluasan Pintu Rezeki. Apabila bersedekah pada hari Jumat dengan ikhlas karena mengharap ridho Allah semata akan menjadi suatu amalan yang dapat meluaskan pintu rezeki. Hal itu dikarenakan sedekah menjadi salah satu amal yang juga dapat meningkatkan ketakwaan seorang Muslim. Allah SWT berfirman: “Barangsiapa bertakwa kepada Allah maka akan dibuatkan jalan keluar dan Allah akan memberinya rizki dari arah yang tak disangka”. (QS At-Thalaq 2-3).

5. Meningkatkan Keberkahan. Sedekah di Hari Jumat juga dapat meningkatkan keberkahan dalam rezeki dan kehidupan kita. Sedekah di Hari Jumat bisa menjadi sarana untuk meraih keberkahan dalam segala aspek kehidupan kita. Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang memberikan sesuatu sedekah pada Hari Jumat, dia akan dilipatgandakan pahalanya." (HR. Al-Hakim).

Selain itu, Ustad Ahmad Pranggono menambahkan bahwa pada hari Jumat ada satu waktu atau moment apabila kita berdoa, maka doanya akan dikabulkan. Tentu setelah bersedekah dan berdoa untuk kehidupan di dunia maupun akhirat, insyaAllah apa yang diharapkan akan segera dikabulkan Allah SWT.

Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda, "Orang yang memberikan sedekah pada Hari Jumat, maka dia akan seperti seekor unta yang berdiri di antara dua gunung yang menjulang, atau seperti orang yang membaca Al-Qur'an, dan seperti orang yang menghadap Allah dalam sujud." (HR. Tirmidzi)

Setiap sedekah yang kita berikan pada hari Jumat adalah langkah menuju keberkahan dan kebaikan. Mari kita luangkan waktu untuk memberikan sedekah kepada yang membutuhkan dan meraih berkah dalam hidup kita.

Oleh Amira N (Editor: Budi S) - 10 Nov 2023 - 00:00:00