blog-post-image
Bidan Untuk Negeri LKC Dompet Dhuafa Raih Penghargaan PHC Award 2023

Jakarta – Bidan Untuk Negeri LKC Dompet Dhuafa menerima penghargaan sebagai Inisiatif Pelayanan Kesehatan Primer Paling Menjanjikan. Penghargaan ini diterima pada acara PHC Award dari Center for Indonesia's Strategic Development Initiatives (CISDI) di Shangri-La Jakarta yang berlangsung pada 13-14 November 2023.

Bidan Untuk Negeri (BUN) merupakan program pemberdayaan kesehatan masyarakat yang fokus pada pencegahan stunting dan deteksi penyakit tidak menular. Dengan intervensi wilayah tertinggal, terdepan dan terluar di Indonesia. Program BUN tidak hanya terbatas pada kesehatan semata, tetapi juga terintegrasi dengan inisiatif pendidikan dan ekonomi, memastikan keinginan dan dampak jangka panjang dari program ini. 



“Sejak 2021, LKC Dompet Dhuafa memulai program Bidan Untuk Negeri, sebuah inisiatif yang fokus pada kesehatan ibu dan anak, pencegahan stunting, dan peningkatan derajat kesehatan, terutama di wilayah yang jauh dari jangkauan layanan kesehatan dasar,” ujar dr. Yeni Purnamasari, MKM saat sesi presentasi peraih penghargaan PHC Award. 

Selama dua tahun berjalan, program BUN telah menginisiasi pembentukan kawasan sehat di 8 kabupaten yang tersebar di 8 provinsi di Indonesia. Diantaranya di Provinsi Aceh Desa Deudap Pulau Nasi, Provinsi Sumatera Selatan Desa Tanjung Mas, Provinsi Banten Kampung Nanggerang Kanekes, Provinsi NTB Dusun Bun Beleng, Provinsi Sulawesi Selatan Desa Positana, Provinsi Sulawesi Tenggara Desa Tanjung Mas, Provinsi NTT Desa Letekonda, dan Provinsi Papua Kampung Alaku Distrik Okaba. 

Berkat Bidan Untuk Negeri, terdapat penurunan yang signifikan dalam rasio ibu yang melahirkan di rumah tanpa pendampingan medis profesional. Dari sebelumnya 3 dari setiap 10 ibu melahirkan di rumah pada tahun 2021, menjadi tidak ada satupun pada tahun 2023.

“Para ibu bidan pengampu program BUN sangat luar biasa. Mereka telaten mengedukasi dan mendampingi masyarakat. Hal ini yang menurut saya menjadi salah satu kunci sukses program BUN. Tentunya dukungan dari tokoh agama, tokoh masyarakat dan pemangku kepentingan terkait juga mendukung keberhasilan program. Semoga kemanfaatan ini terus meluas, untuk generasi Indonesia yang lebih baik,” ungkap drg.Martina Tirta Sari selaku Kepala LKC Dompet Dhuafa Pusat.

Program BUN dilakukan dengan pendampingan serta pemantauan status gizi dan intervensi bayi balita yang mengalami gizi kurang dan buruk. Pendampingan ini paling banyak terdapat di bulan Februari, yaitu 669 bayi balita.

Pada periode Januari-Juni 2023, jumlah bayi balita stunting sebanyak 652 jiwa, underweight sebanyak 615 jiwa, dan mengalami stunting dan underweight sebanyak 555 jiwa. Selama periode Januari-Juni 2023 sebanyak 3.150 penerima manfaat di seluruh wilayah implementasi BUN.

“Kami di Dompet Dhuafa akan terus berkomitmen untuk mencapai Indonesia yang lebih sehat, dimana setiap ibu dan anak dapat mengakses layanan kesehatan yang mereka butuhkan untuk hidup yang lebih baik,” lanjut Yeni



“Penghargaan ini sangat berkesan dan tidak menyangka kalau kami bisa mendapat apresiasi, di lapangan kami bekerja sesuai tanggung jawab sebagai tenaga kesehatan, berbakti untuk masyarakat, dengan adanya perhargaan menjadi meningkatkan motivasi dalam upaya meningkatkan kualitas layanan terutama untuk pelosok negeri, dianugerahi ini juga dipersembahkan untuk seluruh rekan bidan pada program Bidan Untuk Negeri dan seluruh bidan di Indonesia,” ungkap Bidan Citra Dewi Susanti salah satu perwakilan Bidan Untuk Negeri Provinsi Nusa Tenggara Timur. 

Oleh Amira N. - 14 Nov 2023 - 00:00:00