blog-post-image
Bersama LKC Dompet Dhuafa, Rayakan Hari Kesehatan Nasional dengan Harapan Perubahan Kesehatan untuk Masyarakat di Indonesia

lkcdompetdhuafa.org, Tangerang Selatan – Hari Kesehatan Nasional (HKN) dilaksanakan setiap tanggal 12 November dalam rangka meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Indonesia dan mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya hidup sehat. Tujuan dari merayakan Hari Kesehatan Nasional ke-59 adalah sebagai momentum untuk membangun kesadaran masyarakat Indonesia tentang betapa pentingnya kesehatan.



Pada tahun 2023, HKN mengusung tema “Transformasi Kesehatan Pada Penyakit Tidak Menular untuk Indonesia Maju”. Tema ini berfokus untuk menciptakan kesadaran masyarakat dalam mencegah penyakit tidak menular sehingga dapat mewujudkannya generasi sehat Indonesia yang maju dan unggul.

Seiring dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional, Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa mengajak masyarakat untuk merayakan momen penting ini dengan penuh harapan akan perubahan kesehatan yang lebih baik untuk masyarakat di Indonesia. Dalam spirit Hari Kesehatan Nasional, LKC Dompet Dhuafa menyoroti harapan besar untuk perubahan signifikan dalam sektor kesehatan masyarakat Indonesia. Serta berkomitmen untuk menjadi agen positif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya dalam hal kesehatan. Dalam periode tiga dekade terakhir, telah terjadi perubahan beban penyakit dari penyakit menular ke Penyakit Tidak Menular (PTM).

Hal ini didukung dengan Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018 yang menunjukkan peningkatan prevalensi PTM jika dibandingkan dengan Riskesdas 2013, PTM yang mengalami peningkatan antara lain kanker, stroke, penyakit ginjal kronis, diabetes melitus, dan hipertensi. Selain itu, PTM telah menyebabkan kematian pada sekitar 41 juta orang setiap tahunnya, angka ini setara dengan 74% dari seluruh penyebab kematian di dunia (Kemenkes RI, 2022). Peningkatan prevalensi PTM di Indonesia sejalan dengan peningkatan prevalensi Diabetes Melitus (DM). Hal ini didukung berdasarkan hasil pemeriksaan gula darah, Diabetes Melitus naik dari 6,9% menjadi 8,5% (Kemenkes RI, 2022).

World Health Organization (WHO) memperkirakan tingginya jumlah penderita Diabetes Mellitus (DM) di Indonesia yaitu sebesar 8,4 juta pada tahun 2000 mengalami lonjakan sekitar 21,3 juta pada tahun 2030. Begitu pula menurut World Diabetes Association, akan terjadi peningkatan prevalensi DM di Indonesia, yaitu 9,1 juta pada tahun 2014 menjadi 14,1 juta pada tahun 2035 (Situmeang, 2019). Melihat pentingnya upaya preventif DM dalam menekan angka prevalensi maupun mortalitas DM di Indonesia, LKC Dompet Dhuafa menyelenggarakan kegiatan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional tahun 2023 berupa senam DM, demo masak diet DM, lomba reels Instagram mengenai harapan perubahan kesehatan masyarakat di Indonesia, dan lomba kreasi diet DM.

“LKC Dompet Dhuafa mengadakan event di 12 provinsi LKC Wilayah dalam peringati HKN 2023. Dalam hal ini yang kita (LKC DD) lakukan adalah kita mengupayakan peningkatan promotif preventif untuk mencegah Penyakit Tidak Menular pada masyarakat, khususnya di wilayah program kita. Upaya yang kita lakukan adalah lebih fokus pada penyakit Diabetes Mellitus. Penyakit Diabetes Mellitus merupakan induk dari banyak penyakit dan komplikasinya juga sangat berbahaya. Upaya yang bisa kita dilakukan pada masyarakat saat ini masih belum kuat di wilayah-wilayah marginal atau pelosok, sehingga kita mengangkat tema preventif pencegahan penyakit tidak menulart. Aktivitas yang kita lakukan di 12 provinsi sangat bervariatif, diantaranya adalah senam, demo masak makanan khusus untuk penderita diabetes, pemeriksaan diabetes, dan banyak lomba-lomba terkait upaya promotif preventif,” jelas Danan Wisastra selaku Senior Officer Program LKC Dompet Dhuafa Pusat.

Kegiatan ini dilakukan dengan menjalin kerjasama melalui beberapa stakeholder, guna menuju Indonesia lebih sehat. Fokus kegiatan akan dilakukan di 12 provinsi dengan Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa yang menjadi pionir dalam implementasi rangkaian kegiatan yang dilakukan dengan melibatkan berbagai stakeholder sampai kepada masyarakat. Tujuan kegiatan LKC Dompet Dhuafa dalam memperingati HKN tahun 2023 adalah untuk melakukan edukasi penanggulangan Diabetes Mellitus (DM) melalui kegiatan senam diabetes dan demo masak diet DM, memfasilitasi kreativitas kader kesehatan melalui lomba kreasi diet DM dan memberikan wadah aspirasi mengenai harapan perubahan kesehatan masyarakat dan memeriahkan milad LKC ke-22 melalui lomba reels Instagram.

“Harapan dari upaya ini adalah dapat meningkatkan awareness masyarakat tentang pentingnya mengatur pola hidup sehat dan mencegah terjadinya Diabetes Mellitus di tatanan keluarga individu atau komunitas masing-masing. Dan kita juga berharap seluruh stakeholder wilayah turut terlibat aktif dalam momentum ini dan mulai kembali meningkatkan kesadaran terkait penyakit tidak menular khususnya diabetes merupakan hal yang penting untuk mencegah masyarakat dari terdiagnosa penyakit diabetes sehingga masyarakat lebih sehat dan Indonesia maju,” tutup Danan.


Oleh Amira N (Editor: Budi S) - 13 Nov 2023 - 00:00:00