blog-post-image
Bangun Relasi dengan Relawan NTB, LKC Dompet Dhuafa Gelar Volunteer Camp

LKCDOMPETDHUAFA.ORG, NTB – Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa Nusa Tenggara Barat gencarkan latihan penanganan dan manajeman layanan kesehatan kebencanaan bagi relawan kesehatan yang tersebar di wilayah NTB. Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari, dihitung dari Kamis, 28 Desember hingga 30 Desember 2023 di Wisata Gunung Aur, Desa Sedau, Lombok Barat, NTB, (28/12).

Zulkarnaen Khotibi selaku Kepala LKC Dompet Dhuafa NTB menjelaskan, kegiatan volunter camp ini merupakan langkah untuk menjaring relawan yang tersebar di NTB.

“Ini adalah salah satu upaya untuk menjaring relawan kesehatan untuk mengoptimalkan pelayanan LKC Dompet Dhuafa NTB, k hususnya untuk kaum duafa. Harapan setelah kegiatan ini adalah kita memiliki relawan yang bisa berkolaborasi pada masa terjadinya bencana dan kegiatan-kegiatan LKC Dompet Dhuafa lainnya,” jelas Zulkarnaen.


Pada kesempatan yang sama, Hari Fajri Penanggung Jawab RDK LKC Dompet Dhuafa NTB menuturkan hal yang sama terkait aktivitas volunter camp yang bertujuan untuk membangun hubungan kerelawanan.


“Agar hubungan kerelawanan LKC Dompet Dhuafa NTB dengan berbagai pemangku kepentingan semakin meluas, terintegritas dan semakin memudahkan untuk berkolaborasi,” ujar Hari.


Acara yang bertajuk volunter camp relawan LKC Dompet Dhuafa NTB melibatkan 41 peserta yang terdiri dari mahasiswa, relawan ambulans desa, komunitas sosial dan relawan kesehatan.
Adapun materi yang diberikan berupa pemberian materi manajemen kebencanaan, simulasi Bantuan Hidup Dasar (BHD) pada beberapa kasus kecelakaan atau sakit, tata cara evakuasi, transportasi dan rujuk pasien serta pemulasaraan jenazah.




Para peserta yang terlibat dalam kegiatan Volunteer Camp kali ini terlihat antusias dan menyambut positif di setiap materi-materi yang dipaparkan oleh para narasumber.

“Terima kasih kepada LKC Dompet Dhuafa NTB yang sudah memfasilitasi kami dalam belajar tentang manajemen kebencanaan, simulasi penanganan pasien dan menjalin silaturahmi dengan teman-teman relawan yang lainnya juga,” ucap salah satu peserta Volunteer Camp LKC Dompet Dhuafa NTB.


Oleh Amira N (Editor: Budi S) - 28 Des 2023 - 00:00:00