blog-post-image
Bakti Sosial Desa Binaan LKC Dompet Dhuafa Sediakan Pemeriksaan Gigi Gratis

LKCDOMPETDHUAFA.ORG, SULAWESI SELATAN – Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa Sulawesi Selatan bekerja sama dengan Lembaga Kesehatan Mahasiswa Islam (LKMI) serta KOHATI HMI Cabang Makassar Timur (Maktim) mengadakan kegiatan bakti sosial pemeriksaan gigi gratis di Aula Baruga Paropo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, pada Ahad (24/12).

“Saya bersyukur atas hadirnya kegiatan ini. Terimakasih LKC Dompet Dhuafa Sulsel serta teman-teman mahasiswa telah melakukan penyuluhan kesehatan gigi, ternyata kesehatan gigi ada kaitannya dengan pertumbuhan anak dan gigi saya ini sering kali sakit akhirnya bisa dicabut juga melalui kegiatan ini,” ujar Inayah salah satu penerima manfaat. 

Rangkaian kegiatan bakti sosial meliputi sosialisasi kesehatan gigi, pembersihan karang gigi atau scaling, pencabutan gigi, edukasi gizi cegah stunting, pemeriksaan gula darah, kolesterol dan asam urat serta konsultasi kesehatan dengan jumlah total penerima manfaat sebanyak 62 orang. Kegiatan bakti sosial ini juga turut menggandeng berbagai pemangku kepentingan di bidang kesehatan perawat yaitu, dokter umum dan dokter gigi dengan jumlah relawan 15 orang.

Direktur LKMI, drg. Muhammad Alif Reski, S.KG mengatakan, “ini merupakan salah satu simbolisme dari implementasi program kerja kami dalam kepengurusan dan tridarma perguruan tinggi”.


Senada dengan Alif, drg. Nurunnisa Yustikarini, S.KG selaku Ketua KOHATI HMI Cabang Makassar Timur yang turut hadir menegaskan kegiatan ini merupakan sebuah hal yang sangat penting bagi sebuah organisasi, agar dapat dikenal dan dapat memberikan pengaruh baik terhadap masyarakat yang ada di sekitarnya. 

“Kedepannya KOHATI, LKMI dan LKC Dompet Dhuafa akan selalu berusaha untuk membuat kegiatan serupa dan melakukan kerja sama dengan pihak manapun dalam membuat suatu kegiatan, sehingga nantinya eksistensi organisasi dalam meningkatkan kepedulian terhadap masyarakat menjadi lebih baik” tutur Nur. 



Imran selaku Penanggung Jawab Program Pos Sehat Paropo LKC Dompet Dhuafa Sulawesi Selatan mengungkapkan, LKC DD Sulsel sangat terbuka untuk berkolaborAksi bersama berbagai pemangku kepentingan terutama teman-teman mahasiswa untuk saling berpartisipasi secara penuh.

“Terimakasih banyak kepada teman-teman dari mahasiswa telah hadir memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat binaan kami. Ini bukti nyata kepedulian mahasiswa kepada masyarakat. Harapannya kolaborAksi ini terus berlanjut melihat permasalahan kesehatan yang begitu kompleks sehingga memerlukan keterlibatan berbagai pihak termasuk teman-teman mahasiswa dari LKMI dan KOHATI,” jelas Imran.


Oleh Amira N (Editor: Budi S) - 27 Des 2023 - 00:00:00